6 Tahapan Membangun Rumah Dari Nol Hingga Siap Di Huni

Sebagian dari kita mungkin belum mengerti bagaimana tahapan membangun rumah dari nol sampai siap huni. Padahal ketika kita hendak mendirikan rumah, kita perlu mengetahui tahapan tersebut baik secara umum ataupun secara detail. Karena ketika kita tau proses tahapan pembangunan rumah, kita bisa merencakan pembangunan rumah dengan matang. Tahapan membangun rumah memiliki beberapa aspek, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Survei Lokasi

Survey adalah tahapan awal untuk membangun rumah. Survey di sini adalah memastikan lokasi tanah yang akan dibangun, bagaimana kondisi tanahnya, seberapa besar luas tanahnya dan hal hal detail lainnya.

2. Pembuatan Desain Rumah dan Gambar Kerja

Setelah survey dilakukan, tahapan selanjutnya adalah pembuatan desain rumah dan gambar kerja. Desain rumah dan gambar kerja ini dapat diperoleh dari jasa arsitek. Jika kamu bingung bagaimana desain rumah dan gambar kerja, kamu dapat konsultasikan dengan arsitek. Desain rumah adalah rancangan rumah ketika sudah dalam bentuk jadi. Sedangkan gambar kerja adalah gambar yang digunakan untuk prosedur pelaksanaan pembangunan rumah.

3. Rencana Anggaran biaya (RAB)

RAB ini bisa ditentukan setelah adanya pembuatan desain rumah dan gambar kerja. Karena tanpa tahapan desain rumah dan gambar kerja, RAB ini tidak dapat mengestimasi biaya yang dikeluarkan. Bagaimana bisa mengetahui anggaran biaya jika rencana bentuk wujud rumah yang akan dibangun tidak ada ? RAB ini sangat penting karena menentukan berapa besar biaya pembangunan rumah yang harus disediakan, sehingga mampu mengatasi kendala keuangan ditengah perjalan pembangunan rumah

4. Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan

Pendirian bangunan tidak bisa serta merta kita lakukan, namun harus mendapat legalitas berupa izin mendirikan bangunan (IMB) dari pemerintah setempat. Kenapa harus ada IMB ? karena nantinya imb ini akan menjadi dasar hukum dalam pendirian bangunan. Jika tidak memiliki dasar hukum tersebut, ya bangunan tersebut bisa jadi akan dirobohkan.

5. Memilih kontraktor

Untuk merealisasikan rancangan rumah yang sudah direncakan, maka perlu memilih kontraktor untuk membangun rumah impian anda. Pilihlah kontraktor yang professional dan amanah, karena tak jarang ada kontraktor yang memainkan harga ataupun mengerjakan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Akibatnya, dana membengkak dan rumah pun tidak kunjung jadi.

6. Tahapan Membangun Rumah Dari Nol Terakhir adalah Pengadaan Interior / Furniture

Setelah bangunan jadi, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pengadaan interior atau furniture. Sebaiknya interior dan furniture rumah juga sudah direncakan dalam desain rumah. Sehingga setelah rumah jadi tidak perlu bingung perabotan mana yang akan digunakan.

Setelah tahapan-tahapan ini selesai, maka rumah pun sudah siap huni. Bagaimana ? sudah paham tahapan membangun rumah ? Kalau masih bingung, tenang kami bisa membantu. Kamu tidak perlu mengerjakan semuanya sendiri. Biar kami yang tangani. Madina Build memberi kemudahan untuk kamu dengan layanan kami yang lengkap, dimulai dari survey sampai dengan pengadaan interior. Semua ada di Madina Build.

Hubungi Kami untuk konsultasi dengan Staf Profesional.

Tentang Penulis

Picture of Admin

Admin

Madina Build adalah perusahaan penyedia jasa arsitek, kontraktor bangunan, dan interior berbasis prinsip syariah yang profesional dan berpengalaman. Bertempat di Sidoarjo, Jawa Timur, Madina Build memiliki Badan Hukum yaitu PT Madina Bangun Internasional yang siap melayani beragam proyek arsitek, konstruksi bangunan, dan interior di seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *